Minggu, 27 Maret 2011

Xanana Nilai Positif Kunjungannya ke Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste, Kay Rala Xanana Gusmão, menilai positif kunjungannya ke Jakarta, karena ada sejumlah kerja sama antara Timor-Leste dan Indonesia untuk meningkatkan hubungan kedua negara dan bangsa.

”Kerja sama antara dua negara akan dilaksanakan dalam beberapa sektor, dari pertahanan, parawisata, training untuk para diplomat, dan bagaimana memperlancar jalur yang menghubungan Timor-Leste dengan wilayah Okusi," ujarnya dalam jumpa pers di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato, Dili, Jumat, sepulangnya dari kunjungan kerja ke Jakarta.

Xanana --seperti dilaporkan juru bicaranya, Antonio Ramos, kepada ANTARA News-- juga mengarisbawahi kunjungan ke Jakarta sangat strategis karena Indonesia selama setahun ini adalah Presiden Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Hal ini, menurut Xanana, sangat penting bagi Timor Leste yang berkeinginan masuk menjadi anggota ASEAN, karena akan memberikan keuntungan secara politik lantaran akan terlibat dalam pengambilan keputusan secara kolektif di kawasan yang dinamis.

"Keuntungan lain bagi Timor-Leste, kita tidak lagi terisolir dalam konteks politik regional, maka sangat beruntung kalau Timor-Leste menjadi anggota ASEAN," kata Xanana.

Dalam bidang infrastruktur, Xanana juga menyatakan, Kementerian Infrastruktur Timor Leste akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Indonesia dalam pengembangan potensi kedua negara.

Indonesia juga bersedia untuk membantu Timor Leste dalam bidang eksplorasi perminyakan, dan Timor Leste mengharapkan dapat mempelajari pengalaman Indonesia dalam membangun industri tersebut, demikian Xanana Gusmao. (*)
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011
Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar